Minggu, 12 April 2020


EKONOMI BISNIS KELAS X SMK
BAB 7 UKM
MATERI KE 2,  SENIN 13 APRIL 2020

                Pada pembelajaran sebelumnya, kalian telah mempelajari apa itu UKM dan menjawab peran serta permasalahan dari UKM. Permasalahan yang dihadapi UKM salah satunya yaitu iklim usaha yang sepenuhnya belum kondusif, modal yang terbatas, adanya pungutan liar dan lemahnya jaringan usaha. Kini kalian telah siap untuk memahami materi selanjutnya tentang UKM yang berkenaan dengan langkah penanggulangan masalah tsb dan kalian akan belajar merancang bagaimana menjadi seorang wirausaha.  Lets check this out …

2. LANGKAH PENANGGULANGAN MASALAH

            Untuk menghadapi permasalahan yang dihadapi UKM, perlu diupayakan langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Penciptaan iklim usaha yang kondusif
Pemerintah perlu mengupayakan terciptanya iklim yang kondusif, antara lain dengan mengusahakan ketentraman dan keamanan berusaha serta penyederhanaan prosedur perizinan usaha, keringanan pajak dan sebagainya.
2.      Bantuan permodalan
Pemerintah perlu memperluas skema kredit khusus dengan syrat-syarat yang tidak memberatkan bagi UKM, untuk membantu meningkatkan permodalannya, baik itu melalui sector jasa finansial formal, sector jasa finansial informal, skema penjaminan, leasing dan dana modal ventura. Pembiayaan untuk UKM sebaiknya menggunakan Lembaga Keuangan Mikro Bank, antara lain BRI unit desa dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).
3.      Perlindungan Usaha
Jenis-jenis usaha tertentu terutama jenis usaha tradisional yang merupakan usaha golongan ekonomi lemah harus mendapatkan perlindungan dari pemerintah, baik itu melalui undang-undang maupun peraturan pemerintah yang bermuara kepada saling menguntungkan (win-win solution).
4.      Pengembangan kemitraan
Perlu dikembangkan kemitraan yang saling membantu antara UKM atau antara UKM dengan pengusaha besar di dalam negeri maupun di luar negeri untuk menghindarkan terjadinya monopoli dalam usaha. Selain itu juga, untuk memperluas pasar dan pengelolaan bisnis yang lebih efisien. Dengan demikian, UKM akaan mempunyai kekuatan dalam bersaing dengan pelaku bisnis lainnya, baik dari dalam maupun luar negeri.
Nah, sekarang kalian telah mengetahui masalah dan langkah penanggulangan masalah tersebut. Sekarang kita pelajari tentang bagaimana menjadi seorang wirausaha dengan mengidentifikasi peluang usaha dan menganalisis peluang usaha tersebut.


RANCANGAN USAHA KECIL MENENGAH                

1. Identifikasi Peluang Usaha
            Untuk menggali peluang usaha atau bisnis, seorang wirausaha harus berpikir secara positif dan kreatif, diantaranya :
1.         Percaya dan yakin bahwa usaha atau bisnis bisa dilaksanakan.
2.         Menerima gagasan-gagasan baru di dalam dunia usaha atau bisnis.
3.         Bertanya kepada diri sendiri.
4.         Mendengarkan saran-saran dari orang lain.
5.         Mempunyai etos kerja yang tinggi.
6.         Pandai berkomunikasi.

2. Analisis Peluang Usaha
 Untuk menjadi seorang wirausaha, kita harus menganalisis hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk usaha yang akan kita jalankan, persiapan yang dapat dilakukan untuk menganalisis usaha tersebut yaitu : 
     1.      Meneliti berapa luas usaha yang akan dipilih. 
     2.      Bentuk usaha yang akan dipilih. 
     3.      Jenis usaha yang akan ditekuni. 
     4.      Informasi usaha yang akan diterima. 
     5.      Ada atau tidak peta peluang usaha yang menguntungkan.
Penganalisisan peluang usaha harus dimulai dengan perencanaanyang matang dan penuh perhitungan tentang segala kemungkinan yang akan menggagalkan usaha dan bisnis tersebut. Dengan adanya analisis SWOT (strength = kekuatan, weakness = kelemahan, opportunity = peluang, dan threat = ancaman ), berarti kita dapat mengetahui peta peluang usaha dan ancaman yang ada.


Berikut merupakan contoh SWOT dalam usaha macaroni

Sumber : google
a.       Menganalisis bidang produk
Analisis produk ini berfungsi untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, bermanfaat, desainnya bagus, menarik dan diminati para konsumen/pelanggan.
Wirausaha dapat mengklasifikasikan jenis tersebut kedalam tiga tingkatan, yaitu:
1.      Produk primer, mengacu pada penggalian sumber daya alam. Produk ini meliputi produk-produk petanian, perikanan, perkebunan, pertambangan dan lain sebagainya.
2.      Produk sekunder, mengacu pada pengolahan atau pemrosesan bahan baku menjadi produk jadi. Produk jenis ini meliputi produk-produk sepatu, tas, garmen, makanan dan sebagainya.
3.      Produk tersier, mengacu pada peralatan dan pelayanan jasa. Jenis produk ini misalnya jasa perbankan, asuransi, perhotelan, rumah makan, pertokoan, pengangkutan, travel giro dan sebagainya.
b.      Menganalisis bidang jasa
Berdasarkan analisis yang dimaksud dengan jasa adalah hasil dari kegiatan produksi yang tidak mempunyai wujud tertentu, serta tidak mempunyai sifat-sifat fisik tertentu pula. Jenis usaha jasa yang perlu dianalisis ialah usaha yang bergerak dalam kegiatan pelayanan atau menjual jasa. Jenis usaha jasa antara lain : perbankan, asuransi, konsultan, biro perjalanan, pariwisata, ekspedisi, penginapan, perbengkelan, pengangkutan, pergudangan, restoran, pertokoan, salon dan lain-lain.



Sumber : Modul Ekonomi Bisnis untuk SMK/MAK kelas X
                           Rusma Wulan Sari
           CV Graha Pustaka
         Soalujian-45.blogspot.com

TUGAS 2

Posisikanlah diri kalian sebagai wirausaha, kemudian rancanglah SWOT berdasarkan contoh diatas ( macaroni panggang), SWOT yang kalian buat boleh dari berbagai usaha seperti makanan, konveksi/ pakaian atau yang lainnya.

Note : Tugas dikirimkan melalui email : aimaryani103@gmail.com
Melalui WA atau google classroom. Boleh berbentuk foto atau tulisan.
Tidak boleh sama dengan teman, jika sama maka tugas diulang!

Mengerjakan tugas berarti hadir, tidak mengerjakan tugas berarti dianggap tidak hadir !

19 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

EKONOMI BISNIS KELAS X SMK BAB 10 DOKUMEN PERDAGANGAN DALAM DAN LUAR NEGERI MATERI KE 6,   SENIN 11 MEI 2020 Pada pembelajaran...